H. UU Ruzhanul Ulum, SE

H. UU Ruzhanul Ulum, SE

Uu Ruzhanul Ulum, Lahir di Tasikmalaya tanggal 10 Mei 1969 dari seorang ayah KH. Saleh dan ibu kandung bernama Hj. Enung Mutmainnah putra dari KH. Choer Affandi (alm) pendiri dan pimpinan Pondok pesantren Miftahul Huda Manonjaya. Semenjak kecil ia berada dilingkungan Pondok Pesantren yang sehari-hari diasuh langsung oleh kakeknya KH. Choef Affandi dan para Kiyai yang juga sebagai saudara/ kerabatnya dilingkungan yang penuh muatan pendidikan Islam tersebut.

Menginjak usia pendidikan dasar, ia mulai sekolah di MI Al-Khoeriyah Manonjaya, lulus pada tahun 1982, dilanjutkan di SMPN 2 Cilembu - Manonjaya - Tasikmalaya, Lulus tahun 1985, dilanjutkan di SMA Pasundan Tasikmalaya lulus tahun 1988. Setelah lulus pendidikan SLTA, kemudian ia melanjutkan ke Program S1 Ekonomi di Universitas Siliwangi Tasikmalaya dan lulus tahun 1997.

Selama ia mengenyam pendidikan formal, ia juga menjalankan pendidikan Pondok Pesantren secara bersamaan, mulai kecil ia belajar di Pondok Pesantren Miftahul Huda, dan juga mesantren di beberapa tempat lainnya, seperti di Salopa-Tasikmalaya, Ciheurbeuti- Ciamis, dan di Kawalu-Tasikmalaya.

Semenjak usia SMA kelas 2, ia mulai aktif berorganisasi baik disekolah maupun di masyarakat bahkan mulai terjun ke salahsatu organisasi politik. diusia itu ia sempat menjadi salahsatu dari pengurus ranting partai PPP di kalimanggis Manonjaya Tasikmalaya.

Karir Keorganisasian

H. Uu Ruzhanul Ulum, SE, memulai karir politiknya dimulai dari bawah, yakni:

  1. Ketua Ranting PPP Desa Kalimanggis,
  2. Ketua PAC PPP Kecamatan Manonjaya,
  3. Bendahara DPC PPP Kabubaten Tasikmalaya 1999-2007,
  4. Wakil Ketua DPC PPP Kabupaten Tasikmalaya 2006-sekarang,
  5. Ketua Fraksi PPP DPRD Kabupaten Tasikmalaya 2000-2004,
  6. Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya 2004-2009.
  7. Bupati Tasikmalaya ke 17 mulai tahun 2011 sampai sekarang

Selain pada organisasi politik ia juga menjalankan berbagai kegiatan organisasi lainnya, beberapa organisasi yang ia tekuni seperti;

  1. Pengurus Forum Ekonomi Syariah Kabupaten Tasikmalaya (1993-1996)
  2. INBUK (Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil) 1996-1999,
  3. Salahsatu pengurus Pondok Pesantren Miftahul Huda, sebagai Murrobi Tarbiatussanawi Pondok pesantren Miftahul Huda Manonjaya mulai 2011 sampai sekarang.

Dalam meniti karier politik dilingkungan PPP banyak hal yang dipandang penting yang ia raih hingga pendewasaan politik baginya sampai menduduki jabatan legislatif dan jabatan Eksekutif di Kabupaten Tasikmalaya yakni Ketua DPRD & Bupati Tasikmalaya. Semua ini ia katakan bukan suatu kebetulan karena tidak ada jabatan politik datang secara tiba-tiba, hadiah atau berbentuk hibah tapi melalui proses perjuangan panjang hingga membuahkan hasil dan mendapatkan kepercayaan publik. Ternyata tidak semudah apa yang dia cita-citakan namun tantangan dan hambatan terus menerpa baik dari lawan politiknya atau internal partainya sendiri. Ini suatu hal biasa dalam sebuah perjuangan untuk kepentingan rakyat namun terkadang kepentingan partai tidak sepadan dengan pengurus partai apalagi diperjuangkan banyak orang yang jelas tidak semua niat baik dapat semudah itu dicerna oleh sekian banyak orang yang tentu kesalahpahaman sulit dihindarkan. Namun satu prinsif yang ia pegang teguh adalah pijakan aturan formal/ sistem hukum/ perangkat peraturan perundang-undangan.

Dari perjalanan panjang itulah dengan segala hambatan dan rintangan yang ia hadapi bukan suatu masalah baginya justru menjadi sebuah kekuatan dalam dirinya untuk menjadi seorang politisi yang mempunyai mental dan kepribadian tangguh serta mampu memahami bahwa dalam berpolitik tidak lepas dari intrik.

Agenda-agenda pembangunan Kabupaten Tasikmalaya yang masih belum terwujud dan pemerataan kesejahteraan yang belum meningkat signifikan merupakan sebuah pikiran dalam dirinya. Penobatan sebagai Ketua DPRD Terbaik Nasional tahun 2007 dengan mendapatkan penghargaan ADHIKARYA SATYA BHAKTI menjadi motivasi untuk terus mengabdi bagi kepentingan rakyat.

Suksesi kepemimpinan menjadi Kepala Daerah Kabupaten Tasikmalaya menjadi harapan baru untuk merealisasi keinginan termaksud hingga membawa perubahan yang inovatif dan konstruktif. Alhasil seorang UU RUZHANUL ULUM telah siap untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Tasikmalaya dalam PILKADA tahun 2010, dan ia terpilih sebagai Bupati Tasikmalaya pada Tahun 2011 sampai sekarang.

H. UU Ruzhanul Ulum dikaruniai anak yaitu Azizah Ruzahn dan Kholilah Ruzhan dan istri Hj. LINA MARLINA, S.E.