Wakil Ketua Hamida Kabupaten Pangandaran, KH. Oman Abdurrahman (kiri) bersama Ketua IMG Kabupaten Pangandaran, Ust. Dede Kholidin (kanan)

Latar Belakang Terbentuknya Hamida, Hawamida dan IMG Kabupaten Pangandaran.

Kenapa pembentukan Hamida, Hawamida dan IMG Pangandaran dianggap penting? Ada beberapa faktor yang melatar belakangi pentingnya dibentuk Himpunan Alumni Miftahul Huda kabupaten Pangandaran.

Bahwa provinsi Jawa Barat dengan wilayah yang luas, tergolong sebagai provinsi yang memiliki jumlah kota/kabupaten sedikit. Dengan kata lain, kota/kabupaten tersebut cenderung memiliki wilayah yang sangat luas dibanding dengan kota/kabupaten di provinsi lain. Maka, beberapa bulan lalu Pangandaran resmi memisahkan diri dari kabupaten Ciamis, menjadi kabupaten mandiri yang dilatari karena terlalu luasnya wilayah kabupaten Ciamis, sehingga terbentuklah kabupaten Pangandaran.

Alasan itulah yang menjadi salah satu faktor pembentukan Hamida, Hawamida dan IMG kabupaten Pangandaran. “Banyak para alumni yang berasal dari kabupaten Pangandaran khususnya wilayah selatan yang tidak terakomidir secara maksimal, maka atas intruksi Dewan Pimpinan Miftahul Huda pada rapat Hamida tanggal 21 Februari lalu, harus disegerakan rancangan pembentukan Hamida, Hawamida dan IMG kabupaten Pangandaran”, kata ketua IMG kabupaten Pangandaran terpilih, Ust. Dede Kholidin.

Selain itu jika melihat sisi sejarah perjuangan Pendiri Pesantren Miftahul Huda, bahwa Uwa Ajengan berasal asli dari Kabupaten Pangandaran (dulu : Ciamis Selatan). Awal perjuangan Beliau juga dimulai dari wilayah Ciamis Selatan, sehingga faktor tersebut juga melatar belakangi pentingnya dibentuk Hamida, Hawamida dan IMG kabupaten Pangandaran.

“Pemekaran ini merupakan potensi yang baik, mengingat fakta sejarah bahwa Uwa Ajengan (Almaghfurlah) asli berasal dan berjuang di wilayah ini, kiranya hal tersebut menjadi potensi positif bagi kami untuk kembali pada hitthoh perjuangan Uwa Ajengan”, kata wakil ketua Hamida Pangandaran terpilih, KH. Oman Abdurrohman.
(fhb/BPH-Media)


Cetak   E-mail